PENINGKATAN HASIL BELAJAR BENTUK ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMPN 2 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEPTIANA, HERLIA (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BENTUK ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMPN 2 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan data awal yang diambil dari siswa kelas VII B SMPN 2 Gunungsari, hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar masih rendah. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang berpusat kepada guru sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Upaya yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Multimedia. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar bentuk aljabar dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan multimedia pembelajaran pada siswa kelas VII SMPN 2 Gunungsari tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Problem Based Learning (PBL). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar pada siklus I terdapat 76,92% dan siklus II 88,46%, Dengan demikian penerapan Problem Based Learning berbantuan Multimedia pada materi bentuk aljabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Gunungsari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, Multimedia, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Apr 2019 06:45
Last Modified: 30 Apr 2019 06:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13713

Actions (login required)

View Item View Item