ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

USRO, JAISYUL (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JAISYUL USRO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan kemampuan berpikir kreatif dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah matematika kelas VIII SMPN 19 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII B sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil: (a) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah secara umum dominan pada tingkat ke-1 (kurang kreatif) sebanyak 59,37%, kemudian dikuti siswa yang berada berada pada tingkat ke-3 (sangat kreatif) sebanyak 21,87%. Selanjutnya siswa yang berada pada tingkat ke-2 (kreatif) sebanyak 12,5% dan terakhir siswa yang berada pada tingkat ke-0 (tidak kreatif) sebanyak 6,25%.; (b) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah pada umumnya dominan pada indikator kefasihan yaitu 81,2%. Kemudian diikuti indikator fleksibilitas yaitu 21, 8%. Serta yang terakhir indikator kebaruan yaitu 12,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): berpikir kreatif; kemampuan berpikir kreatifpada pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Apr 2019 06:45
Last Modified: 30 Apr 2019 06:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13714

Actions (login required)

View Item View Item