USRO, JAISYUL (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI JAISYUL USRO.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan kemampuan berpikir kreatif dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah matematika kelas VIII SMPN 19 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII B sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil: (a) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah secara umum dominan pada tingkat ke-1 (kurang kreatif) sebanyak 59,37%, kemudian dikuti siswa yang berada berada pada tingkat ke-3 (sangat kreatif) sebanyak 21,87%. Selanjutnya siswa yang berada pada tingkat ke-2 (kreatif) sebanyak 12,5% dan terakhir siswa yang berada pada tingkat ke-0 (tidak kreatif) sebanyak 6,25%.; (b) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah pada umumnya dominan pada indikator kefasihan yaitu 81,2%. Kemudian diikuti indikator fleksibilitas yaitu 21, 8%. Serta yang terakhir indikator kebaruan yaitu 12,5%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | berpikir kreatif; kemampuan berpikir kreatifpada pemecahan masalah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 06:45 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 06:45 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13714 |
Actions (login required)
View Item |