PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TSTS) DIPADUKAN DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK LAJU REAKSI PADA SISWA KELAS XI MIA MAN 2 MATARAM

SULISTYANTI, LILIS (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TSTS) DIPADUKAN DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK LAJU REAKSI PADA SISWA KELAS XI MIA MAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LILIS SULISTYANTI(E1M013031).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) dipadukan dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar kimia materi pokok laju reaksi pada siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan quasi experimental dalam bentuk Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) dipadukan dengan metode demonstrasi sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik diperoleh thitung = 5,009 > ttabel = 1,671 yang berarti Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) dipadukan dengan metode demonstrasi memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar kimia materi pokok laju reaksi pada siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS), metode demonstrasi dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Apr 2019 06:45
Last Modified: 30 Apr 2019 06:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item View Item