SULISTYANTI, LILIS (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TSTS) DIPADUKAN DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK LAJU REAKSI PADA SISWA KELAS XI MIA MAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
LILIS SULISTYANTI(E1M013031).pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) dipadukan dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar kimia materi pokok laju reaksi pada siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan quasi experimental dalam bentuk Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) dipadukan dengan metode demonstrasi sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik diperoleh thitung = 5,009 > ttabel = 1,671 yang berarti Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) dipadukan dengan metode demonstrasi memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar kimia materi pokok laju reaksi pada siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS), metode demonstrasi dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 06:45 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 06:45 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13718 |
Actions (login required)
View Item |