PENAMBAHAN DAUN TURI DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS TELUR ITIK DI DUSUN CEMPORONAN DESA PRINGGABAYA UTARA KECAMATAN PRINGGABAYA

SAPTYANA, NURMA ISNAENI (2019) PENAMBAHAN DAUN TURI DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS TELUR ITIK DI DUSUN CEMPORONAN DESA PRINGGABAYA UTARA KECAMATAN PRINGGABAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURMA ISNAENI SAPTYANA (B1D 013 196).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun turi sebagai pakan tambahan dalam ransum terhadap kualitas telur dan untuk mengetahui level pemberian tepung daun turi yang terbaik terhadap kualitas telur. Penelitian ini telah dilaksanakan di kandang Itik bapak Maskuri di Desa bagek nyaka kecamatan aikmel kabupaten Lombok timur.pada penelitian ini itik yang digunakan yaitu itik Campbell yang berumur 24 minggu sebanyak 36 ekor yang masing-masing skat berisi 3 ekor itik Campbell dengan menggunakan perlakuan masing-masing 4 perlakuan yang terdiri dari 3 ulangan. Pada penelitian ini susunan ransum yang diberikan menggunakan bahan pakan seperti jagung, dedak, konsentrat, minyak, serta tepung daun turi dimana pada perlakuan (P0) diberikan 49,7% jagung, 19% dedak, 30% konsentrat, 1,3% minyak, dan 0% tepung daun turi. (P1) diberikan 50% jagung, 19% dedak, 25% konsentrat, 1% minyak, dan 5% tepung daun turi. (P2) diberikan 50% jagung, 19% dedak, 20% konsetrat, 1% minyak, dan 10% tepung daun turi. (P3) diberikan 50% jagung, 19% dedak, 15% konsentrat, 1% minyak, dan 15% tepung daun turi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan tepung daun turi memberikan pengaruh yang nyata (P<0.05) terhadap berat telur, berat jenis telur, berat yolk, dimana penambahan 15% tepung daun turi menghasilkan berat yang lebih tinggi jika dibandingkan perlakuan lainnya, penambahan tepung daun turi berpengaruh tidak nyata (P>0.05) terhadap indeks bentuk telur, berat albumen, indeks albumen, indeks yolk, Nilai Haugh Unit (HU) yang dimana susunan pakan dapat mempengauhi Nilai Haugh Unit karna komposisi asam amino dalam pakan dapat mempengaruhi komposisi telur. menurut Budiman (1981).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Itik Petelur, Telur, kualitas telur, Pakan, Tepung daun turi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Apr 2019 06:45
Last Modified: 30 Apr 2019 06:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13720

Actions (login required)

View Item View Item