KAJIAN TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS MELIBATKAN SEPEDA MOTOR (Studi Kasus: Pengendara Kendaraan Sepeda Motor di Kota Mataram

HIDAYAT, ULVIANA (2011) KAJIAN TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS MELIBATKAN SEPEDA MOTOR (Studi Kasus: Pengendara Kendaraan Sepeda Motor di Kota Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER.doc
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.doc
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.doc
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.doc
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.doc
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR NOTASI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)

Abstract

Sepeda motor merupakan alternatif kendaraan yang banyak digunakan masyarakat Kota Mataram, karena harga yang relatif terjangkau, mobilitas cukup tinggi di ruas jalan terutama di jalan yang lalu lintasnya padat. Dalam pergerakannya pengendara sepeda motor kadang tidak tertib lalu lintas yang berakibat mengganggu pergerakan kendaraan lain, khususnya kendaraan roda empat, yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan data yang diperoleh dari Kepolisian Resort Kota Mataram, jumlah kecelakaan lalu lintas di Kota Mataram pada tahun 2008 sebanyak 96 kejadian, tahun 2009 sebanyak 58 kejadian dan tahun 2010 sebanyak 182 kejadian, dimana keterlibatan sepeda motor dalam kecelakaan tersebut memiliki persentase rata-rata 92,16%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab kecelakaan, mengetahui tingkat kecelakaan berdasarkan jumlah kendaraan dan jumlah penduduk, serta ruas jalan yang rawan terjadi kecelakaan di Kota Mataram. Data penelitian merupakan data skunder yang diperoleh dari instansi terkait. Untuk mengetahui penyebab kecelakaan dianalisis dengan menggunakan analisis deskripsi, untuk menghitung tingkat kecelakaan berdasarkan jumlah kendaraan dan penduduk dilakukan dengan membandingkan jumlah kecelakaan/100.000 kendaraan dan penduduk, untuk ruas jalan berdasarkan volume lalu lintas dan panjang ruas jalan serta menggunakan Angka Ekivalen Kecelakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor penyebab kecelakaan adalah pengemudi (kurang terampil (71,67%), menggunakan kecepatan tinggi (21,46%), lalai (6,44%) dan mabuk (0,43%), pejalan kaki (18,10 %)), lingkungan (4,44 %), jalan rusak (2,22%) dan kendaraan rusak (1,27 %). Tingkat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor di Kota Mataram selama 3 (tiga) tahun terakhir dari tahun 2008 hingga tahun 2010 berdasarkan jumlah kendaraan adalah 36 kecelakaan/100.000 kendaraan per tahun dan tingkat kecelakaan berdasarkan jumlah penduduk adalah 28 kecelakaan/100.000 penduduk per tahun. Segmen ruas jalan yang rawan terjadi kecelakaan yang melibatkan sepeda motor di Kota Mataram adalah ruas jalan Sandubaya dengan tingkat kecelakaan sebesar 839,76 100JPKP dan total Angka Ekivalen Kecelakaan sebesar 281.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): sepeda motor, tingkat kecelakaan, angka ekivalen kecelakaan, daerah rawan kecelakaan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 08 May 2019 02:43
Last Modified: 08 May 2019 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13791

Actions (login required)

View Item View Item