ANALISIS CURAH HUJAN BERDASARKAN SUHU UDARA, LAMA PENYINARAN MATAHARI, LAJU DAN ARAH ANGIN SERTA PENGARUH EL-NINO DI KECAMATAN WOHA KABUPATEN BIMA

HASANAH, USWATUN (2019) ANALISIS CURAH HUJAN BERDASARKAN SUHU UDARA, LAMA PENYINARAN MATAHARI, LAJU DAN ARAH ANGIN SERTA PENGARUH EL-NINO DI KECAMATAN WOHA KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi USWATUN HASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Informasi meteorologi sangat dibutuhkan di wilayah kecematan Woha untuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Penelitian ini mengkaji hubungan curah hujan berdasarkan suhu udara, lama penyinaran matahari, laju dan arah angin dan pengaruh El-Nino 3.4 menggunakan metode statistik regresi linier dan mencari pengaruh El-Nino dari beberapa variabel tersebut. Data yang digunakan adalah data bulanan dan data El-Nino 3.4 dari tahun 2013 sampai dengan 2017. Hasil analisis menunjukan bahwa curah hujan berbanding lurus dengan suhu udara dan arah angin sedangkan lama penyinaran matahari dan laju angin berbanding terbalik dengan koefisien determinasi sebesar 76 %. Pengaruh El-nino 3.4 pada anomali curah hujan terjadi pada tahun 2016 terbukti signifikan karena diikuti dengan tidak adanya curah hujan pada bulan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): curah hujan, suhu udara, lama penyinaran matahari, laju angin, arah angin, El-Nino, regresi, anomali, Woha.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 May 2019 01:16
Last Modified: 08 May 2019 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13792

Actions (login required)

View Item View Item