PENGARUH LEVEL LEGUM TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR SILASE CAMPURANRUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) dan DAUN TURI (Sesbania grandiflora) dengan ADDITIVE INHIBITOR ASAM FORMIAT

HAZILA, SITI NUR (2019) PENGARUH LEVEL LEGUM TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR SILASE CAMPURANRUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) dan DAUN TURI (Sesbania grandiflora) dengan ADDITIVE INHIBITOR ASAM FORMIAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SITI NUR HAZILA.S.Pt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuaanuntuk mengetahui pengaruh kualitas level legum terhadap kandungan protein kasar dan serat kasar pada silase campuran rumput gajah (Pennisetum purpureum) dan daun turi (Sesbania grandiflora) dengan additif inhibitor asam formiat. Dirancang menurut Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan 3 ulangan yaitu P0 (100% rumput gajah + 0% daun turi), P1 (90% rumput gajah + 10% daun turi), P2 (80% rumput gajah + 20% daun turi), P3 (70% rumput gajah + 30% daun turi), P4 (60% rumput gajah + 40% daun turi) dengan penambahan additif inhibitor asam formiat sebanyak 0.4% disetiap masing-masing perlakuan berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap kandungan protein kasar dan serat kasar. Dapat disimpulkan bahwa silase campuran sampai dengan 40% legum (perlakuan P4) menghasilkan silase dengan kualitas terbaik (kandungan protein kasar = 18.9%, demekian juga kandungan serat kasar terendah = 18.97%) di dapatkan pada perlakuan 4.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rumput gajah, Daun turi, Additif inhibitor asam formiat, Silase, Protein Kasar, Serat Kasar.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 May 2019 01:16
Last Modified: 08 May 2019 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13793

Actions (login required)

View Item View Item