UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL ALGA COKELAT Sargassum polycystumTERHADAP EscherichiacoliDAN Staphylococcus aureus

ZAKI, MUHAMMAD (2019) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL ALGA COKELAT Sargassum polycystumTERHADAP EscherichiacoliDAN Staphylococcus aureus. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ZAKI_REVISI skripsi -bismillah new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Makroalga sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat-obatan, pupuk dan material dalam industri lainnya.Dalam bidang farmasi, makroalga dapat berpotensi sebagai antikanker, antiviral, antijamur dan antibakteri.Salah satu jenis makroalga yang berpotensi sebagai antibakteri adalah Sargassum polycystum.Kemampuan antibakteri pada Sargassum polycystum karena memiliki senyawa metabolit sekunder. Tujuan penelitian mempelajarikemampuan ekstrak metanol Sargassum polycystumdalam menghambat pertumbuhan Escherichia coli danStaphylococcus aureus, mengetahui konsentrasi ekstrak paling baik yangdapat menghambatpertumbuhan Escherichia coli dan Staphylococcusaureusdan mengetahuisenyawa yang terkandung dalam ekstrak metanolSargassum polycystum.Penelitian ini bersifat eksperimental dengan desain RAL (Rancangan Acak Lengkap).Metode ekstraksi dengan maserasi.Konsentrasi uji yang dipakai adalah 20%, 40%, 60%, dan 80%.Sedangkan metode uji menggunakan metode difusi sumuran.Data dianalisis dengan menggunakan ANOVA menggunakan aplikasi SPSS.Hasil penelitian menunjukkan ekstrak metanol Sargassum polycystum memiliki daya hambat lebih baik dalam menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus dibandingkan dengan Escherichia coli. Konsentrasi ekstrak metanol Sargassum polycystum yang memiliki daya hambat paling baik terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli adalah konsentrasi ekstrak 80%. Senyawa-senyawa yang terindentifikasi dalam ekstrak metanol alga cokelat Sargassum polycystum dengan GC-MS adalah tetradecanoic acid; loliolide; hexadecanoid acid,methyl ester; 9-hexadecanoid acid;hexadecenoic Acid; 8- octadecanoic, methyl ester; 5,8,11,14-eicosatetraenoic acid, ethyl ester.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alga Cokelat,Sargassum polycystum, Antibakteri, Escherichia coli, Staphylococcus aureus
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 May 2019 02:04
Last Modified: 09 May 2019 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13814

Actions (login required)

View Item View Item