PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA

SYARIFUDIN, SYARIFUDIN (2019) PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan supervisi di tingkat sekolah sekarang ini masih menemui banyak permasalahan, diantaranya pelaksanaan supervisi yang belum menyentuh sasaran dan cenderung bersifat administratif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SMAN 1 Madapangga Kabupaten Bima yang meliputi: a) perencanaan supervisi pembelajaran; b) pelaksanaan supervisi pembelajaran; c) evaluasi supervisi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, subjek penelitian adalah kepala sekolah dan informan penelitian guru, wakil kepala sekolah dan pengawas pendidikan. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan supervisi pembelajaran di SMAN 1 Madapangga Kabupaten Bima menghasilkan, (a) penyusunan jadwal supervisi oleh kepala sekolah dibantu oleh wakasek kurikulum dan guru senior; (b) menyusun daftar guru yang akan disupervisi; (c) memeriksa perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru berupa RPP dan Silabus sebelum disupervisi. 2) Pelaksanaan supervisi pembelajaran di SMAN 1 Madapangga Kabupate Bima, supervisor datang ke kelas dengan membawa instrumen yang telah disiapkan untuk mengadakan pengamatan pembelajaran sambil mencatat kejadian yang sesuai dengan instrumen supervisi dan kepala sekolah mendelegasikan pada wakasek kurikulum, guru senior dan ketua rumpun untuk melakukan supervisi terhadap guru. 3. Tindak Lanjut Supervisi pembelajaran di SMAN 1 Madapangga Kabupaten Bima, Kepala sekolah bersama guru mengadakan diskusi waktu istirahat di ruang kepala sekolah, guru diberi kesempatan mengungkapkan pendapatnya mengenai proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Kepala sekolah menunjukkan hasil observasi selanjutnya memberikan kesempatan pada guru untuk mencermati dan menganalisanya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Supervisi Pembelajaran, Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 May 2019 04:42
Last Modified: 22 May 2019 04:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13857

Actions (login required)

View Item View Item