PENGARUH PENAMBAHAN BAHAN ANTIOKSIDAN ALAMI BERASAL DARI WORTEL (Daucus carota L) TERHADAP SIFAT FISIK DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS DAGING AYAM

RAMDANI, LALU SURYA (2019) PENGARUH PENAMBAHAN BAHAN ANTIOKSIDAN ALAMI BERASAL DARI WORTEL (Daucus carota L) TERHADAP SIFAT FISIK DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS DAGING AYAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan wortel (Daucus carota L) sebagai antioksidan alami terhadap sifat fisik (pH, daya ikat air, susut masak dan keempukan) dan organoleptik (warna, aroma, tekstur, rasa dan penerimaan) sosis daging ayam bloiler telah dilaksanakan di laboratorium teknologi pengolahan hasil ternak (TPHT) Fakultas Peternakan Universitas Mataram sejak Oktober 2018. Materi penelitian yang digunakan terdiri dari daging ayam sebanyak 6 kg, bahan pengikat (susu skim), filler (wortel) dan juga bumbu-bumbu. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari empat perlakuan yaitu penambahan wortel 0, 5, 10 dan 15% dan 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penambahan wortel (Daucus carota L) berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap daya ikat air. Penambahan antioksidan wortel meningkatkan daya ikat air secara nyata (P<0,05) pada produk sosis. Tetapi, tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap nilai pH, susut masak dan keempukan. Penambahan antioksidan wortel berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap tekstur, rasa dan penerimaan pada produk sosis. Tetapi, tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap warna, dan aroma pada produk sosis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sosis, Daging ayam, Wortel, sifat fisik dan organoleptik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 May 2019 04:43
Last Modified: 22 May 2019 04:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13862

Actions (login required)

View Item View Item