UPAYA PEMBINAAN MORAL ANAK ASUH DI BALAI SOSIAL ASUHAN ANAK GENERASI HARAPAN KOTA MATARAM

SARI, HELMI WINDA (2019) UPAYA PEMBINAAN MORAL ANAK ASUH DI BALAI SOSIAL ASUHAN ANAK GENERASI HARAPAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya pembinaan moral anak asuh, faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi upaya pembinaan moral di balai sosial asuhan anak generasi harapan kota mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan cara deskripsi melalui langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pembinaan moral anak asuh di balai sosial asuhan anak generasi harapan kota mataram menunjukkan bahwa upaya pembinaan moral anak asuh di balai sosial asuhan anak generasi harapan dilakukan dengan cara (a) pembiasaan (b) pemeliharaa (c) reward (penghargaan) (d) . Faktor pendukung internal upaya pembinaan moral anak asuh di balai sosial asuhan anak generasi harapan yaitu (a) sikap dan perilaku anak yang baik dalam merespon arahan yang diberikan oleh pengasuh dan pegawai (b) adanya rasa tanggung jawab dan kerjasama antar pengasuh dalam mengasuh anak-anak sehingga memudahkan pengasuh dalam membina dan mendidik anak asuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan (c) adanya rasa ingin tahu yang tinggi dari anak asuh dan kesadaran untuk menjadi orang yang lebih baik, sedangakan faktor pendukung ekternal yaitu (a) pengasuh yang kompeten dan adanya sarana prasarana yang memadai dalam menunjang kegiatan (b) adanya peraturan yang tegas (c) adanya dukungan dari orang tua yang ingin melihat anaknya menjadi lebih baik. Faktor penghambat internal upaya pembinaan moral anak asuh di balai sosial asuhan anak generasi harapan yaitu (a) beberapa pengasuh memiliki pendidikan yang rendah (b) beberapa anak asuh malas mengikuti kegiatan dan kurang menyadari tanggung jawabnya, sedangakan faktor penghambat ekternal yaitu (a) kurangnya dukungan dari instansi luar (b) pengaruh teman bermain dari luar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembinaan Moral, Anak Asuh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 May 2019 04:43
Last Modified: 22 May 2019 04:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13864

Actions (login required)

View Item View Item