AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN NILAI ORGANOLEPTIK KEJU MOZZARELLA DENGAN PENAMBAHAN SARI JERUK NIPIS DARI SUSU KERBAU SUMBAWA

JAYADI, RIZZAL (2019) AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN NILAI ORGANOLEPTIK KEJU MOZZARELLA DENGAN PENAMBAHAN SARI JERUK NIPIS DARI SUSU KERBAU SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RIZZAL JAYADI B1D014226 (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas antioksidan dan nilai organoleptik dengan penambahan sari jeruk nipis (Citrus aurantifolia S.) serta untuk mengetahui berapa konsentrasi terbaik sari jeruk nipis yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk terbaik. Penelitian ini dilaksakan pada bulan Oktober – November 2018 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT), Fakultas Peternakan untuk pembuatan keju mozzarella sedangkan analisis aktivitas antioksidan di Laboratorium Kimia Analitik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Materi yang digunakan yaitu susu kerbau sebnayak 9 liter, sari jeruk nipis sebanyak 1,5 % (J1.5) dan 2,5 % (J2.5), serta rennet sebanyak 0,025 %. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola Faktorial dengan 3 kali ulangan untuk setiap perlakuan dan lama penyimpanan (0, 7 dan 14 hari) sedangkan data organoleptik dianalisis dengan menggunakan uji Friedman Test dengan aplikasi SPSS v.22. Data hasil analisis menunjukan bahwa penambahan sari jeruk nipis berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap aktivitas antioksidan keju mozzarella. Nilai organoleptik memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap warna keju mozzarella selama penyimpanan. Nilai organoleptik memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap tekstur keju mozzarella selama penyimpanan. Nilai organoleptik tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap aroma keju mozzarella pada penyimpanan hari ke 0, sedangkan pada hari ke 7 dan 14 nilai organoleptik memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap aroma keju mozzarella. Nilai organoleptik memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap rasa keju mozzarella selama penyimpanan. Nilai organoleptik memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap penerimaan keju mozzarella selama penyimpanan. Dari hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa penambahan sari jeruk nipis memberikan hasil yang lebih baik dari perlakuan kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Antioksidan, Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia S.), Keju Mozzarella, Nilai Organoleptik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 May 2019 07:20
Last Modified: 29 May 2019 07:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

View Item View Item