AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN KUALITAS ORGANOLEPTIK KEJU LUNAK DARI SUSU KERBAU DENGAN PENAMBAHAN GETAH PEPAYA (Carica papaya L.) SELAMA PROSES PENYIMPANAN

SULASTINI, SULASTINI (2017) AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN KUALITAS ORGANOLEPTIK KEJU LUNAK DARI SUSU KERBAU DENGAN PENAMBAHAN GETAH PEPAYA (Carica papaya L.) SELAMA PROSES PENYIMPANAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi sulastini.doc
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang aktivitas antioksidan dan nilai organoleptik keju lunak dari susu kerbau dengan penambahan getah pepaya (Carica papaya L.) selama proses penyimpanan telah dilakukan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT), Fakultas Peternakan untuk pembuatan keju lunak sedangkan analisis aktivitas antioksidan di Laboratorium Analisis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram. Susu yang digunakan dalam penelitian ini adalah susu kerbau. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola factorial dengan 3 kali ulangan untuk setiap perlakuan dan lama penyimpanan selama 0, 3, dan 5 hari. Beberapa pengujian dilakukan dalam penelitian ini, yaitu : aktivitas antioksidan dan uji organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan getah pepaya berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap aktivitas antioksidan keju lunak. Penambahan getah pepaya dapat meningkatkan aktivitas antioksidan pada keju lunak. Lama penyimpanan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap keju lunak. Sedangkan interaksi antara perlakuan dan lama penyimpanan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap aktivitas antioksidan keju lunak. Penambahan getah pepaya berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap warna, aroma, tekstur dan rasa keju lunak pada hari ke 0, tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap penerimaan keju lunak pada hari ke 0. Penambahan getah pepaya berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap rasa dan tekstur keju lunak pada hari ke 3, tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap warna, aroma dan penerimaan keju lunak pada hari ke 3. Penambahan getah pepaya berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap aroma, rasa, tekstur, penerimaan pada hari ke 5, tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap warna keju lunak pada hari ke 5.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Antioksidan, Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia S.), Keju Mozzarella, Nilai Organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 May 2019 07:19
Last Modified: 29 May 2019 07:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13894

Actions (login required)

View Item View Item