PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 03 KECAMATAN JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ANWAR, HAFZANI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 03 KECAMATAN JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 03 Kecamatan Jerowaru Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di Gugus 03 Kecamatan Jerowaru Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 12 Jerowaru dan siswa kelas V SDN 2 Jerowaru yang dipilih menggunakan teknik “Purposive sampling”. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes (tes pilihan ganda). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t-test dengan menggunakan polled varians. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) menunjukkan bahwa, thitung = 2,452 > ttabel = 2,021 sehingga dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 03 Kecamatan Jerowaru Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discovery Learning, Hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Jun 2019 05:02
Last Modified: 18 Jun 2019 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13897

Actions (login required)

View Item View Item