ANALISIS POLA KEMITRAAN PEMASOK AYAM RAS PEDAGING DENGAN PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Hersa, Baiq Novia Dwi (2019) ANALISIS POLA KEMITRAAN PEMASOK AYAM RAS PEDAGING DENGAN PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - rev 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemitraan pemasok dengan pedagang ayam ras pedaging termasuk dalam berbagai pola kemitraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kemitraan, manfaat kemitraan, serta hambatan kemitraan di pasar tradisional Kecamatan Praya. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Praya dengan jumlah populasi sebanyak 78 pedagang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 pedagang yang diambil melalui teknik Proportional Random Sampling dan sampel pemasok diambil melalui teknik Snowball Sampling. Sedangkan metode pengambilan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kemitraan yang terjalin antara pemasok dengan pedagang ayam ras pedaging adalah pola dagang umum. Adapun manfaat secara ekonomi yang dirasakan oleh pedagang ayam ras pedaging dapat memberikan peningkatan pendapatan rata-rata dari pedagang tidak bermitra dengan pemasok sebesar Rp 308.870/hari dan pedagang yang bermitra dengan pemasok sebesar Rp 396.270/hari dengan selisih pendapatan rata-rata sebesar Rp. 87.400/hari atau sebesar 28,3%. Manfaat non ekonomi yang dirasakan pedagang adalah kepastian mendapatkan pasokan ayam ras pedaging, mendapatkan pasokan ayam ras pedaging siap jual, kemudahan pembayaran, dan hubungan sosial semakin erat dengan pemasok. Hambatan yang dihadapi oleh pedagang adalah pasokan yang mengalami kelangkaan dan kebanjiran (surplus). Hambatan yang dialami pemasok adalah pedagang mitra menunda pembayaran atas produk yang telah disepakati sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Kemitraan, Manfaat Kemitraan, Hambatan Kemitraan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Jun 2019 05:02
Last Modified: 18 Jun 2019 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item View Item