ANALISIS PROFITABILITAS USAHA IKAN NILA (Studi Kasus di Desa Nyur Lembang Kecamatan Narmada Lombok Barat)

Pranata, Ariski Nadi (2019) ANALISIS PROFITABILITAS USAHA IKAN NILA (Studi Kasus di Desa Nyur Lembang Kecamatan Narmada Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Analisis Profitabilitas Usaha Ikan Nila (Studi Kasus di Desa Nyur Lembang Kecamatan Narmada Lombok Barat)_ARISKI ~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan nila adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak di budidayakan di Indonesia, karena harga ikan nila relative murah dan mudah dijangkau oleh masyarakat menengah kebawah serta jumlahnya yang melimpah di pasaran, sehingga jumlah permintaan akan ikan nila relatif cukup tinggi sehingga banyak petani yang beralih usaha dari petani sawah padi menjadi petani ikan nila. Desa Nyur Lembang telah terjadi peningkatan jumlah petani ikan nila yang mulanya petani sawah. Dikarenakan keuntungan yang didapatkan usaha ikan nila relatif jauh lebih besar dari pada usaha padi sawah, sehingga semakin banyak petani lain yang ikut beralih usaha dan fungsi lahan sawah menjadi kolam ikan nila. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui keuntungan usaha ikan nila di Desa Nyur Lembang, (2) Menganalisis nilai profitabilitas usaha ikan nila di Desa Nyur Lembang, (3) Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi petani ikan nila dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Desa Nyur Lembang Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat Purposive Sampling. Unit analisis yang digunakan adalah petani ikan nila di Desa Nyur Lembang. Penentuan jumlah responden dilakukan dengan metode sensus dengan total 20 petani ikan nila kolam air tenang atau 100% dari populasi petani ikan yang ada. Jenis data yang digunakan, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan Nilai Profitabilitas yaitu keuntungan dan Return On Inverstment (ROI) (%), serta mendeskripsikan masalah/hambatan dalam usaha ikan nila. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Keuntungan Usaha Ikan Nila di Desa Nyur Lembang diperoleh dengan nilai sebesar Rp.47.298.750/LLG/thn dan Rp. 3.051.532/are/thn. (2) Profitabilitas Usaha Ikan Nila di Desa Nyur Lembang diperoleh dengan nilai sebesar 34.57% dimana lebih besar dibangdingkan dengan Suku Bunga Deposito Bank sebesar 6% yang artinya usaha ini lebih menguntungkan dari pada menyimpan di Bank dalam betuk Deposito (3) Masalah yang dihadapi petani ikan nila adalah ketersediaan air, penyakit ikan nila, cuaca yang tidak menentu, dan sampah. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu: (1) Petani lebih memperhatikan teknik pemeliharaan, kualitas air serta kualitas ikan. (2) Diharapkan aparat kantor Desa lebih baik dalam menjaga aturan dan pembagian air agar jumlah petani ikan nila dapat meningkat. (3) Diharapkan Pemerintah dapat membantu petani dalam masalah penganggulangan penyakit dan masalah ketersediaan air yang dapat digunakan oleh petani.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan Nila, Profitabilitas, Masalah dan Hambatan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Jun 2019 05:02
Last Modified: 18 Jun 2019 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13901

Actions (login required)

View Item View Item