PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN GUGUS 2 KECAMATAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Haeningsih, Haeningsih (2019) PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN GUGUS 2 KECAMATAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi experimental design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Ampenan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling dengan sampel kelas V SDN 17 Ampenan dan kelas V SDN 18 Ampenan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar siswa (pretest- posttest). Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dianalisis menggunakan anlisis deskriptif, berdasarkan analisis tersebut diperoleh rata-rata keterlaksanaan proses pembelajaran dilihat dari aktivitas guru mencapai 92,85% dan berkategori sangat baik, sedangkan keterlaksanaan proses pembelajaran dilihat dari aktivitas siswa mencapai 83,3% dan berkategori baik. Selain data hasil observasi, dalam penelitian ini diperoleh pula data hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan Analisis T-Test. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh hasil analisis data yang menunjukkan bahwa Thitung > Ttabel 5.353 > 1,666 pada taraf signifikansi 5 % sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penerapan model Value Clarification Technique (VCT) dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Value Clarification Technique, hasil belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Jun 2019 05:01
Last Modified: 18 Jun 2019 05:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13910

Actions (login required)

View Item View Item