HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA ANAK YANG MELAKUKAN KEJAHATAN KESUSILAN (Studi Putusan Pengadilan Negeri Mataram Nomor.27/Pid.sus-anak/2016/Pn.Mtr)

Rahmatyar, Ana (2019) HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA ANAK YANG MELAKUKAN KEJAHATAN KESUSILAN (Studi Putusan Pengadilan Negeri Mataram Nomor.27/Pid.sus-anak/2016/Pn.Mtr). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)

Abstract

Maraknya tindak pidana kesusilaan yang dilakukan oleh anak akhir akhir ini telah sangat memperhatinkan. Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, penegak hukum wajib mengupayakan diversi bagi anak yang terlibat tindak pidana, tetapi khusus untuk anak yang melakukan tindak pidana kesusilaan apalagi korbanya juga anak, maka diversi tidak dapat diupayakan terhadap anak yang melakukan tindak pidana kesusilaan berupa pemerkosaan diberikan sanksi tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam kasus anak sebagai pelaku pemerkosaan tentunya tidak mudah untuk memutuskan sanksi pidana kepada mereka, mengingat mereka merupakan seorang anak yang masih memiliki hak hak untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, untuk menjaga dan melindungi hak-hak Anak yang Berkonflik dengan Hukum ini, maka disusunlah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anak, Tindak Pidana kesusilaan, Restorative Justice.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Jun 2019 05:01
Last Modified: 18 Jun 2019 05:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item