PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN SAINS SEDERHANA ANAK KELOMPOK B1 DI TK KEMALA BHAYANGKARI 01 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

SARI, INTAN KOMALA (2019) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN SAINS SEDERHANA ANAK KELOMPOK B1 DI TK KEMALA BHAYANGKARI 01 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI fixx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah perkembangan kognitif anak di TK Kemala Bhayangkari pada anak kelompok B1 masih rendah dan mengalami kesulitan saat membedakan perubahan warna yang terjadi jika dicampurkan, guru seringkali mengalami kesulitan membuat anak tertarik, fokus, serius dan kosentrasi saat pembelajaran pengenalan sains. Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan sains sederhana di TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram ditemukan beberapa masalah, utamanya bidang pengembangan kognitif dalam hal kegiatan sains maupun berbagai bentuk hasil yang diperoleh selalu dibawah standar yang diharapkan sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kegitan sains sederhana dapat meningkatkan kemampuan perkembangan kognitif anak di TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan sains sederhana anak dalam meningkatkan kemampuan perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram. Langkah-langkah pelaksanaan kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1, pijakan lingkungan main 2, pijakan sebelum main 3, pijakan selama main 4, pijakan setelah main, dan yang terakhir adalah kegiatan akhir atau kegiatan penutup. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan III tahap pengembangan yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi,dan analisis pengembangan. Data penelitian tentang kemampuan kognitif anak dikumpulkan dengan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif deskriftif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah kegiatan sains sederhana pada pengembangan tahap I mencapai rata-rata (34%), sedangkan pada tahap pengembangan II mulai mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata mencapai (72%). Serta meningkat secara optimal pada tahap III dengan presentase (87%). Hasil penelitian ini disarankan kepada pengelola sekolah, guru, dan peneliti lain bisa mengambil manfaat dari kegiatan sains sederhana. Dengan demikianlah hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan sains sederhana yang dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok B1 di TK Kemala Bhayangkari 01.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kegiatan sains sederhana, perkembangan kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Jun 2019 05:00
Last Modified: 18 Jun 2019 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13924

Actions (login required)

View Item View Item