PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

JUMANAH, JUMANAH (2019) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JUMANAH (E1E013016).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 10 Mataram serta tidak adanya penggunaan alat peraga saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika materi pecahan di kelas III SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A yang merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan alat peraga blok pecahan, sedangkan kelas III B merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan khusus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dalam bentuk instrumen hasil belajar matematika materi pecahan. Data yang diperoleh diuji menggunakan uji t (t-test polled varians) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan pada hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata (post-test) hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dengan menggunakan alat peraga blok pecahan saat proses pembelajaran adalah 78,75. Sedangkan nilai rata-rata (post- test) hasil belajar matematika siswa kelas kontrol dengan tidak menggunakan alat peraga blok pecahan saat proses pembelajaran adalah 71,29. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung sebesar 3,29 dan ttabel 2,0031 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat diketahui thitung ˃ ttabel. Sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Peraga Blok Pecahan, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Jun 2019 05:00
Last Modified: 18 Jun 2019 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13940

Actions (login required)

View Item View Item