KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMAN 10 MATARAM MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE SAINTIFIK

Sari, Dewi Permata (2019) KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMAN 10 MATARAM MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE SAINTIFIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan utama yang dikaji pada penelitian ini adalah analisis kemampuan siswa kelas X SMAN 10 Mataram memproduksi teks eksposisi melalui metode saintifik, yang ditinjau dari kemampuan siswa menerapkan kerangka berfikir metode saintifik dan kemampuan menggunakan struktur serta kaidah kebahasaan teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMAN 10 Mataram menerapkan kerangka berpikir metode saintifik dalam memproduksi teks eksposisi dan kemampuan siswa kelas X SMAN 10 Mataram memproduksi teks eksposisi melalui metode saintifik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode cakap. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan teknik padan intralingual dan ekstralingual dengan teknik HBB, HBS, HBSP (Mahsun, 2017). Berdasarkan data yang telah diperoleh secara kuantitatif dan kualitatif kemampuan siswa kelas X SMAN 10 Mataram dalam menerapkan kerangka berpikir metode saintifik berada pada kategori kurang mampu, karena skor yang diperoleh hanya 59. Kekurangmampuan tersebut terlihat dari keterbatasan data/informasi yang dikumpulkan siswa dan ketidakmampuan siswa dalam menggunakan peranti kebahasaan untuk membuat kalimat dan paragraf yang padu. Adapun kemampuan siswa kelas X SMAN 10 Mataram memproduksi teks eksposisi berada pada kategori rendah (kurang mampu). Skor yang diperoleh hanya 33, sedangkan skor cukup itu sendiri berada pada rentan angka 67-78. Dalam penggunaan struktur teks eksposisi hanya ada 4 siswa dari 10 responden yang mampu menggunakan strukur berpikir lengkap. Adapun dalam penggunaan kaidah kebahasaan siswa tidak mampu memunculkan kata-kata perujukan yang digunakan untuk mengungkapkan fakta dalam teks eksposisi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teks eksposisi,metode saintifik, struktur, kaidah kebahasaan, kualitatif, kuantitatif, padan intralingual, ekstralingual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:10
Last Modified: 24 Jun 2019 02:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13946

Actions (login required)

View Item View Item