PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 6 MATARAM

MARIATIN, MARIATIN (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran The Power of Two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosologi. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang dipilih secara random setelah dilakukan penyepadanan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk pilihan ganda yang telah memenuhi persyaratan instrument penelitian. Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui uji t dan N-Gain yang sudah memenuhi persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran The Power of Two terhadap hasil siswa pada mata pelajaran Sosiologi. Implikasi praktisnya adalah model pembelajaran The Power of Two dapat digunakan dan secara teoritis memperkuat teori-teori belajar sebagai background teori pengembangan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran The Power of Two, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:10
Last Modified: 24 Jun 2019 02:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13952

Actions (login required)

View Item View Item