ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT KUALITAS PRODUK MASKER ORGANIK DI KOTA MATARAM

Tuzzahra, Fatimah (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT KUALITAS PRODUK MASKER ORGANIK DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masker merupakan kosmetik yang digunakan sebagai perawatan wajah. Akan tetapi, saat ini masker telah kehilangan fungsinya karena kandungan bahan kimia yang digunakan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan kulit. Berdasarkan hal tersebut, konsumen menggunakan bahan alami sebagai masker yang saat ini dikenal dengan sebutan “Masker Organik” yang telah berkembang di Kota Mataram dan dipasarkan melalui market place yang diberi nama @Mabukorganik_Shop. Setiap konsumen memiliki persepsi yang berbeda-beda terkait dengan kepuasan yang dirasakan dalam menggunakan masker organik. Mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu produk dapat membantu dalam meningkatkan kualitas produk, pemasaran produk, pengembangkan program- program pengembangan usaha ke depannya. Oleh karena itu, usaha masker organik yang dijalankan oleh @Mabukorganik_Shop harus memahami sejauh mana tingkat kepuasan konsumen dalam menggunakan masker organik berdasarkan atribut yang melekat pada masker organik. Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui apa saja atribut kualitas produk yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli masker organik di Kota Mataram, (2) untuk mengetahui hubungan kepuasan dengan atribut kualitas produk masker organik di Kota Mataram (3) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam membeli masker organik di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Penelitian ini dilakukan di Kota Mataram dengan menetapkan 3 kecamatan sebagai lokasi penelitian ditentukan secara “Purposive Sampling” dengan pertimbangan bahwa kecamatan tersebut memiliki konsumen terbanyak yaitu Kecamatan Sekarbela, Kecamatan Mataram dan Kecamatan Selaparang. Penentuan responden ditentukan dengan menggunakan “Rumus Slovin” dan ditetapkan sebanyak 50 responden dan untuk menentukan jumlah responden pada setiap kecamatan di Kota Mataram ditentukan dengan teknik “Proporsional Random Sampling”. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif sedangkan sumber data terdiri atas data primer dan data skunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara 1) Uji Validitas dan Realibilitas, 2) Importance Performance Analysis (IPA) 3) Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: atribut kualitas produk masker organik yang mempengaruhi kepuasan konsumen berjumlah 20 atribut meliputi, harga masker organik murah (Q1), harga sesuai kualitas (Q2), harga promo sesuai harapan (Q3), harga diskon sesuai harapan (Q4), paket hemat berbelanja sesuai harapan (Q5), desain kemasan menarik (Q11), keterangan manfaat masker yang jelas (Q12), keterangan komposisi bahan yang jelas (Q13), inovasi kemasan (Q14), kemasan mudah disimpan (Q15), efek positif penggunaan masker (Q16), efek ketergantungan penggunaan masker (Q17), mengatsi permasalahan wajah (Q18), reaksi singkat masker (1-2 bulan) (Q19), khasiat sesuai varian (Q20), mudah diaplikasikan (Q21), nyaman digunakan (Q22), tampilan wajah lebih fresh (Q23), meningkatkan kepercayaan diri (Q24), hasil pemakaian masker sesuai harapan (Q25), 2) Hubungan kepuasan dengan atribut kualitas produk dipetakan ke dalam diagram kartesius yang terbagi menjadi empat kuadran meliputi kuadran I; prioritas utama, kuadran II; pertahankan prestasi, kuadran III; prioritas rendah, dan kuadran IV berlebihan, dan 3) tingkat kepuasan konsumen terhadap masker organik berdasarkan perhitungan CSI diperoleh nilai 0.81 yang termasuk dalam kriteria puas karena berada pada rentang 0.65-0.84. Berdasarkan hasil penelitian tersebut sebaiknya produsen masker organik mempelajari dan mengamati lebih dalam untuk membedakan mana atribut yang harus diutamakan, dikurangi atau bahkan dihilangkan dan melakukan perbaikan atau evaluasi terhadap atribut kualitas produk masker oganik yang memiliki kinerja yang masih kurang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk masker organik dengan tujuan untuk memaksimalkan kepuasan konsumen dalam membeli masker organik di Kota Mataram. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lebih rinci mengenai pengembangan atribut-atribut lain yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Atribut, CSI, IPA, Kepuasan Konsumen, Masker organik.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:10
Last Modified: 24 Jun 2019 02:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item