PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 1 KEDIRI

MUTAWALLI, MOH (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 1 KEDIRI. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
MOH. MUTAWALLI NIM. E1B112062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh implementasi model problem based learning berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen dengan desain Static Group Comparison Design.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan 20 orang sebagai kelas statik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test pilihan ganda sebanyak 23 soal yang memenuhi validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 83 pada kelas eksperimen dan 60 pada kelas statis.Hasil penelitian menunjukkan nilai t୦୧୲୳୬୥ (3.6602) > t୲ୟୠୣ୪ (1.6829) pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengaruh pengaruh impelementasi model problem based learning berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Kediri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Problem Based Learning Berbasis Open Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Feb 2018 02:33
Last Modified: 05 Feb 2018 02:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item