PENERAPAN PIDANA KEPADA PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DALAM RUMAH TANGGA (Analisis Putusan Nomor. 99/Pid.Sus/2018/PN.Selong)

PANGASTUTI, DIAH PUJI (2019) PENERAPAN PIDANA KEPADA PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DALAM RUMAH TANGGA (Analisis Putusan Nomor. 99/Pid.Sus/2018/PN.Selong). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pertimbangan hakim dan penerapan pidana terhadap pelaku tindak pidana KDRT, dalam Putusan Nomor 99/Pid.Sus/2018/PN.Selong. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan, konseptual dan kasus. Jenis bahan hukum yaitu bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Cara memperoleh bahan hukumnya menggunakan studi kepustakaan. Analisis yang digunakan yaitu penafsiran (Interpretasi). Hasil penelitian dalam Putusan Nomor 99/Pid.Sus/2018/PN.Selong, pertimbangan yuridis dalam putusan ini adalah perbuatan Terdakwa telah memenuhi unsur-unsur Pasal 44 ayat (1) Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Kemudian pertimbangan non yuridisnya ada hal-hal yang memberatkan yaitu perbuatan terdakwa telah mengakibatkan saksi korban menderita luka dan hal-hal yang meringankan terdakwa yaitu terdakwa bersikap sopan dipersidangan dan terdakwa belum pernah dihukum. Selain itu Majelis Hakim menilai bahwa terdakwa melakukan perbuatan tersebut karena terdorong oleh emosi sesaat dan terdakwa merupakan tulang punggung dari keluarganya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan Pidana, Pertimbangan Hakim, KDRT.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:09
Last Modified: 24 Jun 2019 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13965

Actions (login required)

View Item View Item