RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA INFORMASI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS MATARAM BERBASIS ANDROID DENGAN SISTEM KEAMANAN JSON WEB TOKEN (HMAC-SHA256)

SYA’BANI, KHIDIR WIRA (2019) RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA INFORMASI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS MATARAM BERBASIS ANDROID DENGAN SISTEM KEAMANAN JSON WEB TOKEN (HMAC-SHA256). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KHIDIR WIRA SYA'BANI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

Teknologi informasi dari hari ke hari terus berkembang, sehingga berbagai macam teknologi, dan bahasa pemrograman terus bermunculan. Hal tersebut menjadikan alasan utama diperlukannya sebuah sistem informasi yang dapat diaskses oleh setiap sivitas akademik khususnya Teknkik Elektro Universitas Mataram secara waktu nyata dan juga dengan menerapkan sistem keamanan untuk memberikan kenyamanan kepada setiap penggunanya. Untuk itu diperlukan sebuah sistem informasi yang memiliki sistem keamanan dan juga dapat menyampaikan informasi secara waktu nyata untuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah sistem informasi berbasis android dengan bahasa pemrograman kotlin. Sistem pendukung dari aplikasi ini dibangun dengan memanfaatkan REST API sebagai Web Service menggunakan framework Codeigniter. Dan aplikasi android sebagai client yang dibangun dengan IDE Android Studio. Sealin itu, sistem informasi ini juga menerapkan sistem keamanan JWT (JSON Web Token). Yaitu sistem keamanan autentikasi dan autorisasi untuk membatasi hak akses setiap pengguna dengan cara memvalidasi token yang telah dibuat dengan algoritma standar library JWT. Fitur berikutnya dari penelitian ini adalah fitur notifikasi dari firebase. Fitur ini dapat digunakan dengan cara mendaftarkan device ke sistem firebase. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai MOS (Mean Opinion Score) 91,12 % yang artinya sistem layak untuk digunakan dan pada pengujian black box menunjukkan setiap fungsi dari aplikasi berhasil. Artinya aplikasi berjalan lancar tanpa mengalami kesalahan atau error.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sistem Informasi, JWT (JSON Web Token), Firebase, Android, Android Studio, Web Service, Sistem Keamanan, Notifikasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:09
Last Modified: 24 Jun 2019 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item View Item