PENDAFTARAN TANAH SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN PEMILIKAN TANAH PERTANIAN SECARA ABSENTEE OLEH PEMERINTAH STUDI DI DESA JATISELA KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

PRAKOSO, TOMMY (2019) PENDAFTARAN TANAH SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN PEMILIKAN TANAH PERTANIAN SECARA ABSENTEE OLEH PEMERINTAH STUDI DI DESA JATISELA KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TOMMY ARI PRAKOSO (D1A015260).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemilikan tanah pertanian secara absentee di Desa Jatisela dan untuk mengetahui efektivitas pendaftaran dalam mengatasi pemilikan tanah pertanian secara absentee di Desa Jatisela. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum Empiris. Hasil penelitian yang pertama, masih dijumpai masyarakat yang memiliki tanah pertanian secara absentee di Desa tersebut. Kedua, pendaftaran tanah belum mampu mengatasi pemilikan tanah pertanian secara absentee di desa Jatisela karena faktor masyarakat yang kurang taat terhadap hukum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurangnya kesadaran hukum dari masyarakat di Desa Jatisela untuk mendaftarkan tanahnya sehingga perlu adanya pengawasan secara terpadu oleh Badan Pertanahan Nasional agar mencegah pemilikan tanah pertanian secara absentee.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendaftaran Tanah, Pengendalian, Tanah Absentee
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:09
Last Modified: 24 Jun 2019 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13976

Actions (login required)

View Item View Item