PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP PRODUK MAKANAN BERLABEL HALAL PADA RESTORAN DI GILI TRAWANGAN LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT

Qutrunnada, Siti Sarah (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP PRODUK MAKANAN BERLABEL HALAL PADA RESTORAN DI GILI TRAWANGAN LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI SARAH QUTRUNNADA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perlindungan hukum bagi konsumen muslim terhadap produk makanan tidak berlabel halal di Restoran Gili Trawangan Lombok Nusa Tenggara Barat dan menjelaskan upaya hukum bagi konsumen muslim terhadap penyalahgunaan label halal. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah penelitian hukum normatif empiris, karena pembahasan penelitian ini menganalisis Undang-Undang dan Peraturan Daerah dan selanjutnya dilakukan penelitian dengan menggunakan data lapangan untuk menemukan keserasian atas penerapan peraturan yang ada di masyarakat. Simpulan dari penelitian ini adalah pertama, Perlindungan hukum bagi konsumen muslim terhadap produk makanan tidak berlabel halal di Gili Trawangan terwujud dalam bentuk Peraturan Daerah yang dimiliki oleh Pemerintah Nusa Tenggara Barat yaitu Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pariwisata Halal. Kedua, Upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen muslim bila pelaku usaha melakukan penyalahgunaan atau pelanggaran terhadap label halal yang dapat merugikan konsumen maka konsumen dapat melakukan pelaporan kepada pihak-pihak terkait yaitu LPPOM MUI dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penyelesaian sengketa yang dapat ditempuh oleh konsumen yaitu penyelesaian sengketa melalui jalur non-litigasi dalam bentuk mediasi, konsiliasi dan arbitrase melalui lembaga Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen atau melalui jalur litigasi dengan melakukan gugatan secara perdata khusus melalui Pengadilan Agama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan, Konsumen Muslim, Label Halal, Sertifikasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Jun 2019 05:59
Last Modified: 27 Jun 2019 05:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14014

Actions (login required)

View Item View Item