PENGARUH PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI GERAK LURUS

LARASATI, ARMI (2019) PENGARUH PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI GERAK LURUS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARMI LARASATI (E1Q014005).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan konflik kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep peserta didik SMA kelas X pada materi gerak lurus. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Narmada. Sampel penelitian diperoleh menggunakan teknik porposive sampling, diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1, kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 3. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dan tingkat konflik kognitif pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD pada setiap pertemuan yang dilengkapi instrument penilaian kemampuan berpikir kritis dan instrument tingkat konflik kognitif. Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep diukur dengan soal uraian dan pilihan ganda. Uji hipotesis menggunakan uji MANOVA berbantuan IBM SPSS 23. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan konflik kognitif pada saat proses pembelajaran dalam kategori tinggi untuk ketiga kelas eksperimen. Perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest dengan menggunakan uji t berpasangan didapatkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest. Ketiga kelas eksperimen mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konflik kognitif berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep diketiga kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan konflik kognitif, kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:00
Last Modified: 27 Jun 2019 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14016

Actions (login required)

View Item View Item