TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN PENERBANGAN LION AIR ATAS HILANG RUSAK DAN TERTUKARNYA BARANG MILIK PENUMPANG (STUDI PT LION MENTARI AIRLINES)

ROSYIDA, AMRINA (2019) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN PENERBANGAN LION AIR ATAS HILANG RUSAK DAN TERTUKARNYA BARANG MILIK PENUMPANG (STUDI PT LION MENTARI AIRLINES). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi amrina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian antara para pihak agar mengetahui bentuk tanggung jawab PT. Lion Mentari Airlines terhadap barang bagasi yang hilang, rusak, dan tertukar. Metode penelitian yang penyusun gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian hukum normatif empiris, karena pembahasan penelitian ini menganalisis undang-undang yang mengaitkan dengan penerapan aturan yang ada dilapangan dengan beberapa literatur terkait. Simpulan dari penelitian ini adalah Pelaksanaan perjanjian yang dilakukan pihak pengangkut dengan penumpang yaitu semenjak adanya kesepakatan atau persetujuan dari kedua belah pihak yang menimbulkan hubungan hukum sehingga adanya hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak. Bentuk peranjian berupa perjanjian baku sepihak yang dimana perjanjiannya tercantum di dalam dokumen yang berupa tiket, boarding pass, dan bagage identification. Tanggung jawab Maskapai Penerbangan sebagai pengangkut sesuai dengan aturan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Pihak maskapai harus bertaggung jawab atas barang penumpang yang hilang, rusak maupun tertukar sesuai dengan syarat yang berlaku dengan pembuktian yang dilakukan penumpang sehingga pengangkut diharuskan bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bagasi, Rusak, Hilang, Tertukar.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:00
Last Modified: 27 Jun 2019 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14017

Actions (login required)

View Item View Item