PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN DALAM PENYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN (Studi Di Polres Mataram)

RATNASARI, NI PUTU DEVI NOVITA (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN DALAM PENYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN (Studi Di Polres Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI PUTU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban dalam penyelidikan dan penyidikan tindak pidana penganiayaan di Polres Mataram dan mengetahui kendala serta upaya penyidik Polres Mataram guna mengatasi permasalahan tersebut. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini khususnya pihak Kepolisian dalam mengemban tugasnya di dalam proses penyelidikan dan penyidikan tidak mengabaikan hak-hak anak sebagai korban dalam tindak pidana penganiayaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yaitu dengan menelaah kaidah - kaidah hukum yang berlaku di masyarakat. Hasil penelitian dalam penelitian ini:(1)Bentuk perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban dalam penyelidikan dan penyidikan tindak pidana penganiayaan di Polres Mataram yaitu sudah dipenuhinya hak memperoleh perlindungan dari ancaman pelaku, hak memperoleh jaminan keselamatan baik fisik, mental, maupun sosial, hak atas pelayanan medis, hak atas bantuan hukum, hak untuk memperoleh informasi tentang penyidikan polisi berkaitan dengan kejahatan yang menimpa korban dan hak untuk memberikan keterangan tanpa tekanan.(2)Kendala-kendala yang dihadapi yaitu terkait kendala internal dan eksternal yang menyangkut struktur hukum dan budaya hukum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan, Hukum, Anak, Korban, Penganiayaan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:00
Last Modified: 27 Jun 2019 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14020

Actions (login required)

View Item View Item