ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII MTs. NW SELAPARANG PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KESALAHAN NEWMAN

RAHMI, SILATUR (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII MTs. NW SELAPARANG PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KESALAHAN NEWMAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dan tingkat kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII MTs. NW Selaparang Putri tahun ajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan himpunan berdasarkan analisis kesalahan Newman. Kesalahan-kesalahan siswa diketahui melalui analisis terhadap jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal himpunan dan wawancara yang telah dilakukan dengan 6 siswa. Siswa yang diteliti sebanyak 30 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian siswa melakukan kesalahan pada semua jenis kesalahan menurut Newman. Kesalahan-kesalahan tersebut adalah kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Tingkat kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban yang dilakukan siswa masuk dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 82,3% dan 92,2%.Kesalahan transformasi yang dilakukan siswa masuk dalam kategori rendah dengan persentase 51,0%. Kesalahan membaca dan memahami soal yang dilakukan siswa masuk dalam kategori sangat rendah dengan persentase 26,9% dan 20,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kesalahan, Newman, Soal Cerita, Himpunan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Jun 2019 05:42
Last Modified: 28 Jun 2019 05:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14030

Actions (login required)

View Item View Item