IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA IPS SMAN 4 MATARAM

SUSANTI, DEWI (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA IPS SMAN 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA IPS SMAN 4 MATARAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pendidikan multikultural pada pembelajaran Sosiologi untuk penguatan karakter siswa IPS di SMAN 4 Mataram, (2) karakter-karakter siswa IPS yang muncul pada saat aktivitas siswa di sekolah, (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan multikultural pada pembelajaran Sosiologi untuk penguatan karakter siswa IPS di SMAN 4 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode etnografi.Dapat disimpulkan sebagai berikut: a) implementasi pendidikan multikultural pada pembelajaran Sosiologi untuk penguatan karakter siswa dapat dilihat dari upaya sekolah terdiri atas visi & misi sekolah, kurikulum sekolah, keadaan siswa yang beragam, rumusan tata tertib. Selanjutnya dapat dilihat dari upaya guru Sosiologi menanamkan nilai-nilai multikultural yang terdiri atas RPP, metode pembelajaran, pada saat menyampaikan materi pembelajaran, serta media pembelajaran, b) karakter-karakter siswa IPS yang muncul yaitu: religius; toleransi; demokratis; semangat kebangsaan; cinta damai; komunikatif/bersahabat; peduli sosial; tanggung jawab, c) faktor pendukung adalah terjalinnya hubungan harmonis antara siswa dengan guru ataupun siswa dengan siswa, penyediaan fasilitas sarana yang lengkap dan memadai dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas, pemilihan metode pembelajaran yang tepat oleh guru. Selanjutnya faktor penghambat yaitu kurangnya kerajasama pihak sekolah dalam menambahkan dan memperluas wawasan guru mengenai pendidikan multikultural dan pendidikan penguatan karakter serta ketersediaan prasarana yang ada di SMAN 4 Mataram masih dikatakan kurang lengkap seperti penyediaan tempat beribadah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendidikan multikultural, Pembelajaran Sosiologi, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Jun 2019 05:42
Last Modified: 28 Jun 2019 05:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14033

Actions (login required)

View Item View Item