KECERNAAN IN-VITRO BAHAN KERING dan BAHAN ORGANIK STAR GRASS yang DIBERI LEVEL PUPUK ORGANIK BERBASIS KOTORAN KUDA

MUNIATI, SATRA (2019) KECERNAAN IN-VITRO BAHAN KERING dan BAHAN ORGANIK STAR GRASS yang DIBERI LEVEL PUPUK ORGANIK BERBASIS KOTORAN KUDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini tentang kecernaan bahan kering dan bahan organik rumput bintang yang diberi level pupuk organik berbasis kotoran kuda. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Kecernaan In Vitro Bahan Kering Dan Bahan Organik Rumput Bintang yang Diberi Level Pupuk Organik Berbasis Kotoran Kuda. Penelitian ini dilaksanakan selama ±5 bulan dan dimulai pada Desember 2018 sampai dengan April 2019. Lokasi penelitian dilakukan di Tecknopark Banyumulek, Desa Lelede, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat dengan luas lahan yang digunakan adalah 12 x 7 m. Metode yang dilakukan pada penanaman antara lain : persiapan media tanam, pembuatan bedengan, pemberian kode jumlah pupuk pada setiap bedengan, pemupukan, penanaman, pemeliharaan, penyeragaman pertumbuhan, panen dan pengambilan sampel. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan tiga ulangan, adapun perlakuan tersebut yaitu (T0 = tanpa pupuk; T1 = 10,24 kg/m2 ; T2 = 20,48 kg/m2 ; T3 = 30,72 kg/m2 ; dan T4 = 40,96 kg/m2 ;). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu penggunaan pupuk organik kotoran kuda terhadap rumput bintang (Cynodon plectostachyus) berbeda nyata antara T0 (tanpa pupuk) dan 4 perlakuan (T1, T2, T3, T4), persentasi nilai tertinggi pada Kecernaan In Vitro Bahan Kering yakni pada perlakuan T4 dengan hasil 51,38 %. Demikian dengan persentasi nilai tertinggi pada Kecernaan In Vitro Bahan Organik yakni pada perlakuan T4 dengan hasil 54,59 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rumput Bintang (Cynodon plactostachyus), pupuk organik kotoran kuda, Kecernaan In Vitro Bahan Kering dan Bahan Organik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:06
Last Modified: 01 Jul 2019 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14042

Actions (login required)

View Item View Item