PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SD NEGERI 7 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

COVA, TOMMY AZZUMAR ADAM (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SD NEGERI 7 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TOMMY AZZUMAR ADAM COVA (E1E212239).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 7 Ampenan Tahun pelajaran 2018/2019 melalui penggunaan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan demikian pula halnya dengan siklus II. Data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pembelajaran membaca pemahaman tahun menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada siklus I dalam berada pada kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi kategori aktif. Hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Ampenan dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), pada tahap pra siklus nilai rata-rata siswa 70.47 dengan ketuntasan klasikal 65.78%, pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa meningkat menjadi 72,54 dengan ketuntasan klasikal 72,97% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,93 dengan ketuntasan klasikal 87,87%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Keterampilan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:05
Last Modified: 01 Jul 2019 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14054

Actions (login required)

View Item View Item