RANCANG BANGUN SIST WEB DAN ANDROID UN MENENGAH DI KOTA MATARAM RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB DAN ANDROID UNTUK PEMETAAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KOTA MATARAM EM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS TUK PEMETAAN INDUSTRI KECIL DAN

DIPAYANA, DEO MARTA (2019) RANCANG BANGUN SIST WEB DAN ANDROID UN MENENGAH DI KOTA MATARAM RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB DAN ANDROID UNTUK PEMETAAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KOTA MATARAM EM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS TUK PEMETAAN INDUSTRI KECIL DAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Industri Kecil dan Menengah (IKM) memiliki peran yang sangat penting sebagai penggerak perekonomian di Indonesia karena IKM dapat berfungsi sebagai penyedia lapangan kerja bagi sejumlah orang yang tidak tertampung di sektor formal. IKM juga turut berkontribusi terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) dan sebagai sumber penghasil devisa negara. Namun, IKM sering mengalami hambatan yang berkaitan dengan rendahnya pemanfaatan teknologi informasi yang dimiliki, dan tidak adanya suatu media yang dapat memudahkan Dinas Perindustrian untuk memantau perkembangan IKM, serta rendahnya akses terhadap sumber pembiayaan dan pasar, sehingga banyak masyarakat yang masih tidak mengetahui keberadaan IKM dan produk apa saja yang dihasilkan oleh IKM tersebut. Selain itu pemerintah juga memerlukan suatu media yang dapat digunakan untuk pendataan perizinan, pajak, dan sebagai alat untuk memantau perkembangan IKM. Dalam hal ini telah dibangun sebuah sistem informasi geografis berbasis web dan android untuk memenuhi kebutuhan akan informasi mengenai IKM yang ada di kota Mataram. Diharapkan sistem ini dapat membantu masyarakat maupun pemerintah untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan dengan mudah, cepat, dan akurat. Berdasarkan hasil Mean Opinion Score menunjukkan bahwa rata-rata penilaian responden pengguna website terhadap sistem menyatakan setuju dan sangat setuju bernilai 66,67%. Sedangkan rata-rata penilaian responden pengguna mobile terhadap sistem menyatakan setuju dan sangat setuju bernilai 79.83%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sistem informasi geografis, Industri kecil dan menengah, Web, Android.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:05
Last Modified: 01 Jul 2019 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item View Item