IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR DI KOTA MATARAM TAHUN 2018

Randiawan, I Made (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR DI KOTA MATARAM TAHUN 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 sekolah dasar di Kota Mataram yang sesuai dengan indikator mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Fokus pembahasan pada penelitian ini ada standar proses yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru. Tempat penelitian ini di 7 Sekolah Dasar di Kota Mataram. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan observasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis data angket dengan menggunakan skala Likert. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan bantuan dari para ahli (judgement experts). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 sekolah dasar di Kota Mataram, yaitu sebanyak 45 guru mendapatkan skor dengan kategori sangat baik atau 79% dari jumlah keseluruhan guru dan 12 guru mendapatkan skor dengan kategori baik atau 21% dari jumlah keseluruhan guru, seluruh guru sudah melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik, yaitu sebanyak 43 guru. Dari ketiga aspek yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir bahwa sub aspek yang paling menonjol adalah perangkat pembelajaran dengan perolehan persentase 95%, diikuti dengan aspek sumber belajar dan penilaian yang mendapatkan perolehan skor 94%, lalu aspek pelaksanaan pembelajaran dan pendekatan saintifik memperoleh persentase 93%, serta yang paling rendah yaitu aspek pemahaman kurikulum 2013 yang mendapatkan perolehan skor 82%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Implementasi, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:05
Last Modified: 01 Jul 2019 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14062

Actions (login required)

View Item View Item