EVALUASI KINERJA ALGORITMA KRIPTOGRAFI RSA DAN AES UNTUK KEAMANAN INFORMASI PERANGKAT KOMUNIKASI IoT (INTERNET of THINGS)

HAKIKI, MUROWE (2019) EVALUASI KINERJA ALGORITMA KRIPTOGRAFI RSA DAN AES UNTUK KEAMANAN INFORMASI PERANGKAT KOMUNIKASI IoT (INTERNET of THINGS). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA Murowe Hakiki - F1B014072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Data yang penting membutuhkan keamanan, sehingga akan terjaga dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Internet of Things merupakan teknologi yang sedang berkembang, namun keamanan yang rentan. Arduino merupakan salah satu komputer kecil yang digunakan pada perangkat IoT, sehingga kapasitas memori arduino merupakan memori pada perangkat IoT. Kriptografi merupakan sebuah cara penyandian data yang akan menyembunyikan data yang asli sekalipun sudah ditemukan oleh orang lain. Penelitian ini melakukan pengamanan data pada perangkat komunikasi Internet of Things (Zigbee) dengan menentukan algoritma keamanan data yang paling tepat antara algoritma kriptografi RSA dan AES. Algoritma AES termasuk dalam kriptografi symmetric algorithm yang mengenkripsi dan mendekripsi blok data 128-bit , 192-bit, dan 256-bit. Algoritma RSA termasuk dalam kriptografi asymetric algorithm yang menggunakan dua kunci yang berbeda untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Pengujian kecepatan algoritma dan jumlah memori yang digunakan pada saat proses enkripsi dan dekripsi menentukan algoritma yang paling tepat untuk digunakan pada IoT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan algoritma yang paling baik digunakan pada perangkat komunikasi IoT adalah algoritma AES dengan kecepatan yang stabil dan penggunaan memori tidak terlalu besar untuk diterapkan pada perangkat IoT. Pada algoritma AES, semua kunci dari 128-bit hingga 256-bit bisa dijalankan pada perangkat komunikasi IoT. Sedangkan pada algoritma RSA, kunci terbesar yang bisa dijalankan pada perangkat IoT adalah 16-bit .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Internet of Things, Kriptografi, Algoritma AES, Algoritma RSA, Enkripsi, Dekripsi, Zigbee, Arduino.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:05
Last Modified: 01 Jul 2019 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14063

Actions (login required)

View Item View Item