PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SDN 33 MATARAM TAHUN 2018/2019

MULAWATI, PUTRI (2019) PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SDN 33 MATARAM TAHUN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Picture and Picture terhadap motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SDN 33 Mataram tahun 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas IVa sebanyak 26 siswa dan kelas IVb sebanyak 24 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan jumlah 15 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelompok, diperoleh bahwa kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t. Hasil perhitungan diperoleh thitung= 1,190 dan ttabel = 4,04 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk)= n1 + n2 – 2 = 26 + 24 – 2 = 48, karena thitung ≤ ttabel maka, Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak ada pengaruh metode Picture and Picture terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikansi antara motivasi belajar kelas eksperimen dan kontrol, sehingga dapat disimpilkan bahwa tidak ada pengaruh metode Picture and Picture terhadap motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SDN 33 Mataram tahun 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Picture and Picture, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:38
Last Modified: 12 Jul 2019 08:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item