IDENTIFIKASI MASALAH YANG DIALAMI GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SDN GUGUS III KECAMATAN MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SARI, DIAH NURINDAH (2019) IDENTIFIKASI MASALAH YANG DIALAMI GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SDN GUGUS III KECAMATAN MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dialami guru pada pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik, dan untuk mengetahui deskripsi masalah yang dialami guru, serta mengetahui permasalahan yang paling urgent yang di alami guru pada pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kuantitatif. Populasi subyek dalam pebelitian ini adalah guru-guru di SDN Gugus III Kecamatan Mataram yang mengalami masalah pada pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik. Sekolah yang menjadi sampel penelitian ini adalah empat Sekolah Dasar yang ada di Gugus III Kecamatan Mataram, dengan kriteria bahwa sekolah yang akan dijadikan sampel telah melaksanakan kurikulum 2013 dan menggunakan pendekatan saintifik di dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sedangkan wawancara, observasi dan dokumentasi hanya sebagai pendukung untuk memperkuat data yang dikumpulkan. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisi statistik deskriptif. Data angket dianalisis menggunakan rumus persentase dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 48,93% dengan kategori Cukup Baik. Sehingga dapat diketahui masalah yang dialami guru yaitu pada tiga aspek yakni aspek pemahaman, perencanaan, dan pelaksanaan. Kemudian dapat diketahui masalah yang paling dominan atau urgent dialami guru pada proses pembelajaran dengan saintifik yaitu pada aspek perencanaan dengan mendapat persentase yaitu sebesar 48,7% dengan kategori Cukup Baik, yang letak permasalahannya terdapat pada item permasalahan nomer 10 yaitu menentukan materi pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan pada item permasalahan nomer 11 yaitu menentukan pembuatan jaringan tema dengan persentase 45,77% dengan kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Permasalahan Guru, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:37
Last Modified: 12 Jul 2019 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item View Item