ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI POKOK PROGRAM LINIER PADA KELAS XII MA AL AZIZIYAH PUTRA KAPEK GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MULIADI, ASRIHUL (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI POKOK PROGRAM LINIER PADA KELAS XII MA AL AZIZIYAH PUTRA KAPEK GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ASRIHUL MULIADI (E1R113010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas XII MA Al Aziziyah Putra Kapek Gunungsari tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pokok program linear berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MA Al Aziziyah Putra Kapek Gunungsari Tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 138 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan diambil sebanyak 20% dari populasi yaitu Sebanyak 27 siswa yang terdiri atas 3 siswa berkemampuan tinggi, 18 siswa berkemampuan sedang dan 6 siswa berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif. Dari data yang diperoleh berdasarkan analisis jawaban siswa menunjukan bahwa pada siswa berkemampuan rendah melakukan kesalahan pada tahap Encoding Errors sebanyak 100%, Process Skill Errors sebanyak 78%, Transformation Errors sebanyak 63,89%, dan Comprehension Errors sebanyak 38,89%. Kemudian pada siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan pada Encoding Errors sebanyak 90,74%, Process Skill Errors sebanyak 68,52%, Transformation Errors sebanyak 53%, dan Comprehension Errors sebanyak 33,33%. Dan untuk siswa berkemampuan tinggi hanya melakukan kesalahan pada Encoding Errors sebanyak 44,44%, Comprehension Errors sebanyak 44%, dan Process Skill Errors sebanyak 11%. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal program linear yaitu siswa kurang menguasai materi program linier, siswa kurang dalam menguasai materi prasyarat yaitu pertidaksamaan linier, kebiasaan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tanpa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, siswa kurang latihan mengerjakan soal-soal bentuk cerita dengan variasi yang berbeda, siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan yang diminta oleh soal, dan terburu-buru dalam mengerjakan soal sehingga tidak mengecek kembali hasil pekerjaannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kesalahan, faktor penyebab, program linier
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:37
Last Modified: 12 Jul 2019 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14094

Actions (login required)

View Item View Item