“TINJAUAN YURIDIS PENGARUH PERKAWINAN DI BAWAH UMUR TERHADAP TINGKAT PERCERAIAN (STUDY KASUS DI KECAMATAN PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR)”

ANSORI, MUHAMMAD (2017) “TINJAUAN YURIDIS PENGARUH PERKAWINAN DI BAWAH UMUR TERHADAP TINGKAT PERCERAIAN (STUDY KASUS DI KECAMATAN PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR)”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD ANSORI (D1A012314).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menyebabkan perkawinan di bawah umur dan bagaimana pengaruh perkawinan di bawah umur terhadap tingkat perceraian. Manfaatnya untuk dijadikan sebagai masukan bagi para pembaca, pihak akademisi dan pemerintah. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif-empiris. Beberapa faktor yang mendorong terjadinya perkawinan di bawah umur pada Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur seperti hamil di luar nikah, rendahnya tingkat pendidikan, keadaan ekonomi, adat istiadat desa, dan lingkungan. Perkawinan di bawah umur berpengaruh terhadap tingkat perceraian yang terjadi pada Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur dengan angka tinggkat perceraian yang cukup signifikan yaitu melebihi angka 50%, oleh karena itu perkawinan di bawah umur harus di tekan dengan peran pemerintah dan orang tua untuk lebih memberikan edukasi tentang sex bagi usia remaja dan dampak dari perkawinan di bawah umur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengaruh, faktor dan perkawinan di bawah umur
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:37
Last Modified: 12 Jul 2019 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14096

Actions (login required)

View Item View Item