PERBEDAAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DAN BERBASIS MASALAH DI SMAN 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

NEGARA, IMAM (2019) PERBEDAAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DAN BERBASIS MASALAH DI SMAN 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas dan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kuantum dan berbasis masalah di SMAN 1 Batulayar tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah 31 siswa kelas X IPA SMAN 1 Batulayar dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Terdapat dua sampel yang diambil yaitu sampel sebagai kelas eksperimen 1 dan sampel sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kuantum, sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 25 soal yang telah diuji validitas, reabilitas, taraf kesukaran dan daya beda soal. Instrumen untuk mengukur kreativitas siswa menggunakan tes kreativitas verbal dan figural. Hasil uji statistik MANOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas dan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kuantum dan berbasis masalah dengan signifikansi 0,046<0,050.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Kuantum, kreativitas, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:37
Last Modified: 12 Jul 2019 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14102

Actions (login required)

View Item View Item