KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN BERDASARKAN NEA (NEWMAN ERROR’S ANALYSIS) PADA SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

ARDANINGSIH, NI NYOMAN LUMI (2019) KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN BERDASARKAN NEA (NEWMAN ERROR’S ANALYSIS) PADA SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat persentase letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal luas dan keliling lingkaran dan untuk mengidentifikasi hubungan antar letak kesalahan dalam menyelesaikan soal materi luas dan keliling lingkaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 7 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian berupa tes dan wawancara. Data analisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun letak kesalahan yang dianalisis adalah berdasarkan kalsifikasi Newman yaitu (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan pemahami, (3) kesalahan transformasi (4) kesalahan keterampilan proses, dan (5) kesalahan penulisan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IX G SMP Negeri 7 Mataram memiliki persentase kesalahan penulisan jawaban dengan persentase 60 % dengan kesalahan berkategori tinggi, kesalahan Transformasi dengan persentase 40 % dengan kesalahan berkategori cukup tinggi, keterampilan Proses sebesar 37 % dengan kesalahan berkategori rendah dan yang terakhir memahami dan membaca dengan persentase kesalahan sebesar 15% dan 3 % dengan kesalahan berkategori sangat rendah. Hubungan antar letak kesalahan yang nilai korelasinya paling tinggi ada pada tahap kesalahan keterampilan proses dengan kesalahan penulisan jawaban akhir yaitu dengan nilai korelasi sebesar 0.435, ini menunjukkan bahwa hubungan antara keterampilan proses dengan penulisan jawaban akhir adalah cukup dan sumbangan korelasi kesalahan keterampilan proses terhadap kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 18,92% .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kesalahan, Metode Newman, Keliling dan Luas Lingkaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:36
Last Modified: 12 Jul 2019 08:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item