HUBUNGAN BELAJAR MANDIRI (SELF-REGULATED LEARNING) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD (STUDI KASUS DI GUGUS VII KECAMATAN LABUHAN HAJI)

MILIANA, MILIANA (2019) HUBUNGAN BELAJAR MANDIRI (SELF-REGULATED LEARNING) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD (STUDI KASUS DI GUGUS VII KECAMATAN LABUHAN HAJI). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MILIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adakah hubungan belajar mandiri (Self-Regulated Learning) dengan prestasi belajar siswa SD (studi kasus di gugus VII Kecamatan Labuhan Haji). Jenis Penelitian ini study korelasi dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SD di Gugus VII kecamatan labuhan haji 2017/2018 yang berjumlah 288 siswa, populasi sebesar 1028 dengan sampel sebanyak 288. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan SPSS 16.0. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus One- Sample Kolmogorov-Smirnov. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data Self- regulated Learning memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,055 dan data pretasi belajar siswa memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,270 yang artinya p-value > 0,05, sehingga data Self-regulated Learning dan data prestasi belajar siswa berdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas data dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,183 yang menunjukkan bahwa p-value > 0.05, artinya sampel bersifat homogen. Tahap terakhir yakni pengujian hipotesis penelitian menggunakan pearson correlation hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang posiif dan signifikan antara mandiri belajar (Self-Regulated Learning) dengan prestasi belajar siswa, data dalam penelitian ini berdistribusi normal ditentuakan dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, dimana hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah 0,449 dan hasil dari penelitian ini menunjukkan belajar mandiri (Self-Regulated Learning) memiliki hubungan positif terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Self-Regulated Learning, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:36
Last Modified: 12 Jul 2019 08:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item View Item