PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA MANDOR SAAT TERJADI KECELAKAAN KERJA YANG MENYEBABKAN MATINYA ORANG (Studi Putusan No. 146/Pid.B/2013/Pn.Dps)

Kusumawati, Evi Vardiyana (2019) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA MANDOR SAAT TERJADI KECELAKAAN KERJA YANG MENYEBABKAN MATINYA ORANG (Studi Putusan No. 146/Pid.B/2013/Pn.Dps). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EVI VARDIYANA KUSUMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertanggungjawaban mandor saat terjadi kecelakaan kerja yang menyababkan matinya orang serta dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan kepada pelaku tindak pidana Karena kelalaiannya atau kealpaannya yang berdasarkan Putusan No. 146/Pid.B/2013/Pn.Dps. penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang menggunakan bahan hukum kepustakaan berupa bahan hukum primer, sekunder, dan tersier dengan melakukan cara/teknik studi dokumen untuk dapat mengkaji permasalahan yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian atau analisis, terdakwa dalam perkara ini telah dapat dikenakan pertanggungjawaban pidana dengan Pasal 359 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pemidanaan terhadap terdakwa tidak boleh hanya dilihat dari aspek yuridisnya saja melainkan mempertimbangkan aspek non yuridis dan hal yang bersifat sosiologis yang melatar belakangi perbuatan tersebut baik dari keadaan kondisi social budaya, psikologis atau kemampuan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanggungjawaban pidana, pertimbangan hakim.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:35
Last Modified: 12 Jul 2019 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14121

Actions (login required)

View Item View Item