INVENTARISASI JAMUR PATOGENIK TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) YANG DI TANAM DENGAN UMBI DAN STEK PUCUK DI DATARAN MEDIUM LOMBOK TIMUR

Rosiana, Elia (2019) INVENTARISASI JAMUR PATOGENIK TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) YANG DI TANAM DENGAN UMBI DAN STEK PUCUK DI DATARAN MEDIUM LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Elia Rosiana (C1M014047).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)

Abstract

Kentang (Solanum tuberosum L.) salah satu sumber karbohidrat dengan nilai ekonomi tinggi. Kebutuhan kentang semakin meningkat dengan meningkatnya jumlah penduduk dan berkembangnya industri makanan. Salah satu cara untuk meningkat produksi kentang yaitu dengan ekstensifikasi pada dataran medium. Kendala utama penanaman kentang di dataran medium yaitu suhu udara tinggi. Infeksi penyakit meningkat pada suhu udara tinggi. Penurunan produksi juga disebabkan oleh patogen tular benih. Untuk menghindari infeksi patogen tersebut maka dilakukan stek pucuk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jamur patogen dan insiden penyakit tanaman kentang yang di tanam dengan umbi dan stek pucuk di dataran medium Lombok Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai September 2018 di Desa Beririjarak. Lombok Timur dan di Laboratorium Mikrobiologi, Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Metode yang digunakan yaitu deskriftif eksploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jamur patogen yang menginfeksi umbi-umbian adalah Alternaria solani yang menyebabkan bercak kering dengan kejadian penyakit 17,9% diikuti oleh Phytophthora infestans yang menyebabkan hawar dan Fusarium sp. menyebabkan layu dengan kejadian penyakit masing-masing 4,5% dan 4%. Sementara stek pucuk yang terinfeksi patogen adalah layu P. infestans, A. solani dan Fusarium dengan kejadian penyakit masing-masing 4%, 3% dan 2%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kentang, jamur patogenik, umbi, stek pucuk, dataran medium
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:35
Last Modified: 12 Jul 2019 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item View Item