ANALISIS SIFAT KUANTITATIF, HERITABILITAS, DAN INDEKS SENSITIVITAS BEBERAPA GENOTIPE KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) PADA CEKAMAN NAUNGAN

DAHATMAN, TRI (2019) ANALISIS SIFAT KUANTITATIF, HERITABILITAS, DAN INDEKS SENSITIVITAS BEBERAPA GENOTIPE KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) PADA CEKAMAN NAUNGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat kuantitatif, heritabilitas, dan indeks sensitivitas beberapa genotipe kacang tanah pada cekaman naungan. Percobaan di lapangan menggunakan metode eksperimental dan rancangan percobaan yang digunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan perlakuan genotipe. Untuk mengatahui indeks sensitivitas terhadap naungan, maka genotipe kacang tanah di tanam juga pada kondisi tanpa naungan. Genotipe kacang tanah yaitu Takar 1, KSB, Panther, Zebra, Sima, Poncosari Bantul, Singa, Bison, Hypoma 2, Lokal Lombok, Banteng dan Badak. Pada perlakuan diulang sebanyak 3 kali, sehingga diperoleh 36 petak perlakuan. Penanaman kacang tanah pada naungan menggunakan paranet hitam dengan intensitas cahaya 65% cahaya yang masuk dalam area tanaman. Data penelitian menggunakan analisis keragaman dan uji BNJ taraf 5% apabila terdapat beda nyata (signifikan). Pada genotipe Takar 1 memiliki berat berangkasan kering paling tinggi yaitu 18,3 g dan di ikuti oleh Sima 18,3 g, dan yang paling rendah adalah genotipe Bison 6,7 g. Nilai heritabilitas tinggi diperoleh pada jumlah cabang umur 30, 60, 90 hst dan jumlah polong hampa. Nilai heritabilitas sedang diperoleh pada jumlah polong isi. Nilai heritabilitas rendah diperoleh pada tinggi tanaman umur 30, 60, 90 hst, jumlah daun umur 30, 60, 90 hst, berat polong isi dan berat berangkasan kering. Nilai indeks sensitivitas pada cekaman naungan, dari 12 genotipe yang diuji ternyata tidak ada yang menunjukkan toleran, yang agak toleran yaitu Takar 1, KSB, Panther, Sima, Poncosari Bantul, Lokal Lombok, dan Badak sedangkan genotipe yang peka terhadap naungan yaitu Zebra, Singa, Bison, Hypoma 2, dan Banteng.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Genotipe, Kacang Tanah, Naungan, Heritabilitas, Kantitatif,Indeks Sensitivitas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:35
Last Modified: 12 Jul 2019 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14130

Actions (login required)

View Item View Item