PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS FISIKA PESERTA DIDIK

SURYANI, NI WAYAN ARI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran advance organizer dengan pendekatan saintifik terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2018/2019 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 2 dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Data penguasaan konsep diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda, sedangkan data kreativitas yang terdiri dari kreativitas verbal dan kreativitas figural diperoleh dengan menggunakan tes uraian. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji N-gain untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik per indikator dan per submateri, dan uji MANOVA untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran advance organizer dengan pendekatan saintifik terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 23. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa 1) uji N-gain, peningkatan penguasaan konsep dan kreativitas termasuk dalam kategori sedang, 2) uji MANOVA, Ha diterima karena sig. < 0.05. Berdasarkan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran advance organizer dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika pada peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Advance Organizer, Kreativitas, Pendekatan Saintifik, Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:32
Last Modified: 29 Jul 2019 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14165

Actions (login required)

View Item View Item