ANALISIS SOAL UJIAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN DI KOTA MATARAM DITINJAU BERDASARKAN TINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR

PUSPAWATI, I DESAK KETUT DEWI (2019) ANALISIS SOAL UJIAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN DI KOTA MATARAM DITINJAU BERDASARKAN TINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang tingkat level soal ujian matematika siswa kelas VII SMPN di kota Mataram yang ditinjau berdasarkan tingkatan kemampuan berpikir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh soal ujian matematika siswa kelas VII SMPN di kota Mataram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobality sampling jenis sampling purposive sehingga diperoleh sampel sebanyak 3 sekolah yaitu SMPN 7 MATARAM, SMPN 9 MATARAM, SMPN 11 MATARAM. Teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan soal-soal ujian matematika siswa tahun pelajaran 2017/2018 dan 2018/2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa soal ujian akhir semester (UAS) mayoritasnya terdapat pada level C2 dengan persentase 60% dan 65%. Selanjutnya ujian tengah semester (UTS) mayoritasnya terdapat pada level C2 dengan persentase 37,5% dan 54,28%. Sedangkan ulangan harian (UH) tertinggi pada level C2 dengan persentase 70,38%. Selanjutnya disisi lain tidak ada soal ujian matematika siswa mencapai level C4, C5, bahkan C6. Sehingga secara keseluruhan level soal ujian matematika tertinggi hanya mampu mengukur level C2 atau bisa dikatakan masuk pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berpikir, Tingkatan Kemampuan Berpikir Soal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:32
Last Modified: 29 Jul 2019 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14166

Actions (login required)

View Item View Item